Monday, December 16, 2013

Render elemen vray extra tex


Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membahas tentang pentingya render elemen  untuk mengedit di  photoshop suatu gambar yang sudah direndering. 
Render elemen vray extratex merupakan turunan dari render engine vray, dan mempunyai fungsi untuk menimbulkan ambien oclusion di are editing kita. Ambien oklusi terkait dengan aksesibilitas shading, yang menentukan penampilan didasarkan pada bagaimana mudahnya untuk permukaan yang akan disentuh oleh berbagai elemen (misalnya, kotoran, lampu, dll). 



dapat dilihat dari contoh berikut :
dapat dilihat dari contoh di samping ,
Gbr.1  terlihat hasil renderan asli dan merupakan tampilan awal dari renderan
Gbr.2 untuk gambar ke dua merupakan tampilan render elemen untuk Vray Etratex dan menampilkan efek dari ambien oklusi nya.
Gbr.3 dan gambar selanjutnya merupakan hasil akhir editing perpaduan render rgb atau render awan dengan render elemen vray extratex.
Selanjutnya, teman2 pasti menanyakan bagaimana caranya menampilkan render elemen untuk extratex , saya akan memberikan suatu ilustrasi tahapan untuk membuat renderelemen extratex tersebut.
 seperti terlihat di samping, jika kita akan menampilkan tab F10. dan akan muncul tampilan di samping , dan kita coba mengarahkan mouse ke tab render elemen; dalam tab tersebut kita bisa menambah render elemen dengan menekan tombol ADD selanjutnya anda bisa memilih render elemen extratex. dan jika kita seleksi render elemen tersebut akan akan muncul pilihann pada bagian bawah, akan terdapat texture, dari texture ini akan mengarah ke material atau map browser, dan pastikan pemilihan menggunakan vray dirt - karena material ini fungsinya untuk memunculkan kesan gelap terang atau efek kotor pada bagian elemen render tersebut, selanjutnya arahkan texture vray dirt ini ke material editor (M) dan akan munculkan pilihan setingan untuk mengatur tebal tipisnya efek gelap / kotor, dan sesuaikan dengan setingan scene anda, biasanya teman2 3d mengutakatik di bagian Radius dan subdivnya.






No comments: