Thursday, September 22, 2011

tut modeling pincuk (panci gerabah)


Dulu pas makan di angkringan jogya sering liat kompor dari gerabah gitu pake buat air , tapi ini aku pake untuk menghangatkan nasinya gitu, pengganti magicjar  [dari angkringan mengarah ke gerabah dari gerabah menuju ke Ide ]


aku perlihatkan penampakannya jadinya ;;

 [moga yg punya gambar ref. ngasi ijin yah buat post,heheYolks_phew]

Wip untuk kompor nYa:


ket gambar;
  1. awalnya kita buat skchet dari line untuk penampang depan, buat bentuk lengkung menyerupai kompornya (disarankan melihat ref. gambar)
  2. untuk bentuk aslinya edit line pake modifier lathe
  3. setelah itu di edit poly
  4. untuk lubang apinya kita lihat penapang depan seleksi vertex bagian ujung2nya untuk mencapai bentuk miring lalu di connect
  5. setelah itu diselecsi bagian yang akan didelete memakai edit polygon
  6. untuk hasil yang lebih lengkung, edit vertex memakai chamfer
  7. selanjutnya kita arahkan ke view perspektif , guna membuat tangan kompornya, seleksi memakai edit poligon ketiga bagian yang terpisah
  8. lalu di extrude kasi ukuran kira2 aja 5cm[list=1]




selamjutnya 


  1. pilih bagian yg diextrude
  2. dichamfer bagian yang masih lancip
  3. dan di lubang menggunakan edit vertex dichamfer,
  4. setelah itu buat dudukan pincuknya
  5. untuk membuat lubang apinya kita chamfer bagian atas yg sudah diseleksi
  6. lalu di chamfer sampai bulat
  7. lalu bagian yang berupa polygon di shell
  8. dan jangan lupa menyambung bagian yang lepas













saya akan memberikan link untuk melihat modeling ini , file menggunakan software 3ds max 9 vray 1.5, silahkan download file dibawah ini ;
pincuk.max 



trus gambar selanjutnya membuat pincuk(panci dari gerabah)


ket. gambar:
  1. pertama kita buat skets dari line untuk penampang depannya
  2. lalu dibentuk menggunakan modifier lathe dan di editing poly
  3. seleksi 2 sisi kiri dan kanan untuk membuat pegangannya menggunakan edit polygon
  4. lalu di extrude menggunakan Bevel dan bagian ujung di buat mengecil
  5. lalu dirapikan dengan edit polygon dan seleksi bagian yang akan dibuat pegangan tangannya(sesuai ref.gambar)
  6. terakhir kita edit dan dihaluskan segmennya menggunakan meshsmooth

selamat mencoba@_@


No comments: